Kamis, 13 Juni 2013

Cara Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Cara Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dijadikan dasar patokan nilai terandah dalam penilaian peserta didik. Jika peserta didik mampu mendapat nilai di atas KKM maka dianggap peserta didik tersebut telah tuntas atau menguasai kompetensi yang dipelajari. Sebaliknya jika ditemukan peserta didik mendapat nilai dibawah KKM berarti perlu adanya perbaikan.

 Dalam menentukan KKM mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya: tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi dasar, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Sekolah diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal. Yang harus diperahtikan dalam menentukan KKM adalah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas. Selain itu, tentukan kemampuan atau nilai untuk setiap aspek komponen KKM), sesuaikan dengan kemampuan sebenarnya.


1.  Aspek Kompleksitas
Semakin kompleks (sulit) KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi. Ini bisa dilihat dari indikator atau tujuan pembelajaran dari kompetensi tersebut.

2.  Aspek Sumber Daya Pendukung
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi, sebaliknya jika sumber daya pendukung seperti sarana dan prasarana tidak mendukung nilainya semakin rendah.

3.  Aspek Intake
Intake adalah kemampuan awal peserta didik, bisa dilihat dari hasil sebelumnya atau pre test. Semakin tinggi rata-rata kemampuan awal peserta didik maka nilainya semakin tinggi.

Nilai KKM setiap KD diperoleh dari rata-rata nilai ketiga aspek diatas. Misalnya sebuah KD ditentukan nilai kompleksitasnya 70, sumber daya pendukung 60, dan intakenya 80, maka nilai KKM dari KD tersebut adalah 70 [(70 + 60 + 80)/3 = 70]. Sedangkan untuk menentukan KKM mata pelajaran yaitu dengan menjumlahkan seluruh KKM KD, lalu dibagi dengan jumlah KD (rata-ratanya).

KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi peserta didik. Begitu pun juga dengan setiap kelas, tidak sama dan ditentukan oleh masing-masing guru kelas.





Salam Sukses...

Yoyo Apriyanto, S.Pd





0 komentar:

Posting Komentar